Rabu, 28 Desember 2011

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN


Tugas Uas


KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN





 










Oleh :
SUBU RAMBONA




PROGRAM STUDI PGSD S1
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE
TAHUN 2011

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Mengingat pendidikan dewasa sudah sangat meningkat sesuai perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), untuk itu pendidikan yang ada khususnya di daerah Ternate atau Maluku Utara bisa maju seperti pendidikan di daerah lainnyai, lama kita sebagai tenaga pengajar harus mengoreksi diri atau me review kembali system proses pembelajaran yang kita terapkan sekarang ini yang masih bersifat pola lama atau tradisional.
Bertolaik dengan semua ini kita sebagai tenaga pendidik harus menjadi tenaga pendidik yang lebih professional kita harus dibekali dengan ilmu keguruan yang paling spesifik yaitu ketrampilan dasar mengajar, yang mana merupakan panduan pengajar mikro dengan menggunakan Sydney Micro Skills (1973).
Untuk kita ketahui bahwa keterampilan dasar mengajar salah satu keterampilan yang sangat penting untuk keberhasilan seorang guru dalam proses belajar mengajar, sehingga kita tidak selalu berpatokan dengan proses pembelajaran pola lama atau tradisional.


PEMBAHASAN

Melihat pentingnya keterampilan dasar mengajar bagi seorang guru untuk menjadi professional. Disamping seorang guru harus menguasai substansi bidang studi yang ditempuh, keterampilan dasar mengajar juga merupakan keterampilan penunjang untuk keberhasilan dalam proses pembelajaran.
Dibawah ini adalah beberapa keterampian dasar mengajar yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut :
1.      Keterampilan bertanya
2.      Keterampilan memberi penguatan
3.      Keterampilan mengadakan variasi
4.      Keterampilan menjelaskan
5.      Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
6.      Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil
7.      Keterampilan mengelola  kelas
8.      Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
Dalam pembahasan ini masalah yang perlu diangkat adalah keterampilan dasar mengajar pada poin ke-2 yaitu keterampilan memberi penguatan.
Namun sebelum itu kita perlu ketahui apa itu keterampilan memberi penguatan? Penguatan adalah suatu respon terhadap suatu tingkah laku siswa yang dapat menimbulkan berulanganya kembali tingkah laku tersebut.
Adapaun komponen-komponen dalam keterampilan memberi penguatan adalah sebagai berikut :
1.      Penguatan Verbal : penguatan ini dapat dinyatakan dalam 2 bentuk yaitu kata atau kalimat.
2.      Penguatan Non Verbal : bisa berupa mimik atau gerakan badan, mendekati, memberi sentuhan atau memberi kegiatan yang menyenangkan, berupa symbol atau benda maupun penguatan tak penuh seperti “Yah” jawabanmu sudah baik tapi perlu disempurnakan.


PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan dengan uraian pembahasan tersebut diatas tentang keterampilan memberi penguatan dapat ditarik kesimpulan :
1.      Pentingya seorang guru dalam proses pembelajaran perlu memperhatikan adanya keterampilan memberi penguatan terhadap anak-anak didik kita
2.      Seorang guru harus professional dalam proses pembelajaran sehingga tidak selalu menerapkan model pembelajaran pola lama atau trasional.

B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dapat disarankan sebagai berikut :
1.      Kepada guru agar mampu menerapkan keterampilan dasar mengajar khusunya keterampilan memberi penguatan dalam proses pembelajaran dikelas.
2.      Kepada siswa untuk dapat membiasakan diri berinteraksi dengan sesame teman dan beriteraksi dengan guru, pada saat proses pembelajaran berlangsung.


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. (2000). Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 010/0/2000 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Djoyonegoro, W. (1985). Lima Tahun Mengemban Tugas Pengembangan SDM. Jakarta:Balitbangdikbud.

Farrell and Oliviera. (1993). Teacher in Developing Countries: Improving affectivities and managing Costs. Washington: The World Bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar