Tugas UAS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
OLEH :
SUBU RAMBONA
PROGRAM STUDI PGSD S1
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KHAIRUN
TERNATE
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : VI (ENAM)/1 (SATU)
WAKTU : 1 X PERTEMUAN (2 JAM PELAJARAN)
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
I. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formolir, ringkasan, dialog dan parafrase
II. KOMPETENSI DASAR
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup dan lain-lain) dengan benar
III. INDIKATOR : mamu mengisi formulir dengan tepat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- siswa dapat menceritakan kembali daftar riwayat hidup secara mandiri, kreatif, dan tanggung jawab
- siswa dapat mengisi formulir berdasarkan riwayat hidup secara mandiri
V. MATERI POKOK : mengisi formulir
VI. METODE : ceramah, tanya jawab, demonstrasi
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
- berdoa
- guru memberi motivasi agar siswa tertarik dengan materi yang diajarkan
B. Kegiatan inti
- melalui metode ceramah, siswa dapat menceritakan kembali daftar riwayat hidup secara mandiri, kreatif dan bertanggung jawab.
- Dengan metode tanya jawab dan demonstrasi siswa dapat mengisi formulir berdasarkan daftar riwayat hidup secara mandiri, kreatif dan bertanggung jawab
-
C. Kegiatan akhir
- guru melakukan evaluasi
- guru melakukan penilaian
- guru memberi tugas PR
-
VIII. ALAT/SUMBER BAHAN
Isilah formulir daftar riwayat hidup sesuai dengan data pribadi yang sebenarnya
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
1. Nama :
2. Tempat tanggal lahir :
3. Agama :
4. Alamat :
5. Nama ayah/ibu :
6. Anak ke :
7. Jumlah saudara :
8. Pendidikan
a. Taman kanak-kanak : tahun…………s/d …………
b. Sekolah dasar kelas I : tahun…………s/d …………
c. Sekolah dasar kelas II : tahun…………s/d …………
d. Sekolah dasar kelas III : tahun…………s/d …………
e. Sekolah dasar kelas IV : tahun…………s/d …………
f. Sekolah dasar kelas V : tahun…………s/d …………
g. Sekolah dasar kelas VII : tahun…………s/d …………
9. Hobi :
10. Prestasi :
11. Cita-cita :
Mengetahui Ternate
Kepala Sekolah Guru Kelas
DJENA DJUMATI MARWIA YUSUP, Spd
NIP. 1954041278022002 NIP. 19850403200903201
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH :
TEMA : SALING MENGHORMATI
KELAS/SEMESTER :
WAKTU : 2 KALI PERTEMUAN
I. STANDAR KOMPETENSI
Matematika
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah (geometri dan pengukuran)
IPA : mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang yang dapat dialaminya
II. KOMPETENSI DASAR
Matematika
Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
IPA
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
III. INDIKATOR
Matematika
- membaca jam yang menunjukkan waktu tepat
- membaca jam digital
- membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam
- menulis tanda waktu yang ditunjukan oleh jarum jam
IPA
- menyebutkan perbedaan benda padat dan cair
- melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- siswa dapat membaca jam yang menunjukkan waktu tepat
- membaca waktu yang menunjukkan waktu setengah
- siswa dapat membaca jam digital
- menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
- siswa dapat membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam (matematika)
- siswa dapat menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair (IPA)
- siswa dapat melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair
V. MATERI AJAR
- alat ukur waktu
- perubahan wujud benda
VI. METODE PEMBELAJARAN
- ceramah
- diskusi
- tanya jawab
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal/pendahuluan
- mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar
- memperingatkan cara duduk yang baik, ketika menulis, membaca
- mengumpulkan tugas / PR
2. Kegiatan inti
- melalui penjelasan guru tentang waktu diharapkan siswa dapat membaca dan menunjukkan waktu tepat dan setengah
- melalui penjelasan guru siswa dapat membaca jam digital dengan benar
- melalui penjelasan guru siswa dapat membuat gambar jam dan menentukan letak jaruk jam
- menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
- melalui kegiatan dan eksperimen sederhana siswa membuktikan perubahan benda padat dan cair
- dengan benda padat dan cair yang dipanaskan dan didinginkan siswa mengidentifikasi perubahan benda padat dan cair dengan teliti dan hati-hati
3. Kegiatan akhir/penutup
- dalam kegiatan akhir, guru :
- membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan
- mengerjakan pos tes
- pemberian PR/tugas
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- buku sumber :
buku sains SD kelas 2 penerbit Erlangga
buku pengajaran matematika kelas 2, penerbit Erlangga
alat peraga :
- contoh benda cair, benda padat
- contoh alat mengukur waktu
IX. PENILAIAN
- Penilaian lisan (dalam proses)
- Penilaian tingkah laku (pengamatan)
Mengetahui Ternate, 19-12-2011
Kepala Sekolah Guru Kelas
DJENA DJUMATI SUBU RAMBONA
NIP. 1954041278022002 198804032009032001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar